innovation in harmony
In House Training

Pelatihan Pemadam Kebakaran dengan APAR

 
Sepanjang tahun 2015, PT. INDO ACIDATAMA, Tbk memfokuskan pada program pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk membangun kompetensi individu dan organisasi, guna menunjang perusahaan dalam mengembangkan kemampuan yang lebih baik. 
 
PT. INDO ACIDATAMA, Tbk berkomitmen untuk mewujudkan keselamatan, kesehatan dan keamanan dalam lingkungan operasional serta pengamanan terhadap sumber daya, proses, dan alat produksi dan lingkungan kerja yang diwujudkan melalui penerapan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Pengelolaan K3 difokuskan untuk mencapai tingkat kecelakaan nihil atau zero accident. Program ini diselenggarakan berdasarkan peraturan ketenagakerjaan dan aturan K3 Dinas Tenaga Kerja setempat serta dievaluasi dan dinilai setiap tahun.
 
Sebagai tindak lanjut dari kebutuhan pegawai PT. INDO ACIDATAMA, Tbk untuk mendapatkan pelatihan bagaimana menggunakan APAR (Alat Pemadam Kebakaran Ringan), maka pada tanggal 16 April 2015 telah dilakukan pelatihan penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (APAR), bertempat di area terbuka PT. INDO ACIDATAMA, Tbk. Peserta dari perwakilan masing-masing Departemen dan narasumber adalah tim Safety dan Ahli K3 Pemadam Kebakaran. Pada pelatihan tersebut diajarkan cara melakukan pemadam kebakaran dengan cara menggunakan APAR dan bola api. Peserta pelatihan memperhatikan prosedur memadamkan api dengan APAR yang baik dan tepat. Kemudian, peserta dibagi dalam 2 kelompok besar untuk mempraktekkan cara memadamkan api menggunakan APAR. 
 
Peristiwa kebakaran pada proses industri dapat dikategorikan sebagai kecelakaan katastropik, karena kebakaran dapat menyebabkan terjadinya ledakan yang bisa menimbulkan kerugian yang sangat besar. Kebakaran dapat terjadi dimanapun dan kapanpun, hampir tidak ada ruang atau tempat yang terbebas dari risiko kebakaran.Besarnya risiko kebakaran maka pengetahuan dan teknologi untuk mencegah terjadinya kebakaran terus berkembang dengan pesat. Semua pekerja bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kebakaran ditempat kerja. Tanpa pengetahuan dan keahlian yang cukup akan sulit bagi pekerja untuk melakukan pencegahan terjadinya kebakaran ditempat kerja.