innovation in harmony
Rangkaian Pelatihan Tim Tanggap Gawat Darurat (TTGD)

Pelatihan Pemadam Kebakaran dengan APAR dan HYDRANT

Dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman, sehat, efisien dan produktif maka PT. INDO ACIDATAMA, Tbk memiliki tim Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang bertugas memantau dan melaksanakan Kebiajakan K3 yaitu pengembangan, penerapan, pencapaian, pengkajian dan pemeliharaan Kebijakan K3, serta tugas-tugas lain sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satu program kerja tim P2K3 dalam hal development adalah pengadaan pelatihan untuk karyawan. 
Pada tahun 2015, tim membuat rangkaian pelatihan antara lain : 
  1. Pelatihan Memadamkan Api dengan APAR Dan HYDRANT di dalam ruangan dengan narasumber dari ahli K3 Pemadam Kebakaran dan tim safety, dengan tujuan memberikan pemahaman secara mendetail sebelum terjun ke lapangan.
  2. Pelatihan P3K, dilaksanakan di dalam ruangan dengan narasumber dokter perusahaan, materi dan praktek yang diberikan adalah dasar-dasar penanganan P3K
  3. Pelatihan Evakuasi, dilaksanakan di dalam ruangan dengan narasumber dari ketua tim P2K3 dan Banpam, materi yang diberikan mengenai proses evakuasi, tanda-tanda evakuasi, dan dibagi tim penanggung jawab evakuasi.
 
Setelah materi di dalam ruangan selesai, dilanjutkan praktek di luar lapangan untuk mempraktekkan materi yang telah diberikan. Peserta dari perwakilan masing-masing Departemen dan shift yang dibagi menjadi beberapa tim dengan tugas masing-masing.
Alur cerita pelatihan adalah adanya kebakaran di salah satu Departemen yang harus dipadamkan dengan APAR dan dilanjutkan dengan HYDRANT. Tim pemadam kebakaran, tim utilitas dan tumpahan kimia bekerja sama untuk memadamkan api, tim evakuasi melakukan dan mengkoordinasikan evakuasi karyawan, tim P3K mengevakuasi korban yang cedera dan memberi perawatan sampai tim medis dari RS datang. 
 
Sasaran dan Manfaat Training K3 Dasar-Dasar Perlindungan Kebakaran :
  1. Peserta diharapkan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami konsep terjadinya kebakaran.
  2. Peserta mampu melakukan identifikasi sumber-sumber bahaya penyebab kebakaran.
  3. Peserta memahami jenis-jenis alat pemadam kebakaran dan aplikasinya.
  4. Peserta mampu mengembangkan sistem manajemen tanggap darurat dan manajemen pencegahan kebakaran.
 
Latar Belakang Training Identifikasi dan Pengendalian Bahaya & Risiko K3 :
 
Bahaya dan risiko ada di sekeliling kita. Jenis bahaya dan tingkat risiko tergantung dari kondisi lingkungan yang dihadapi termasuk di lingkungan kerja. Jenis bahaya dan tingkat risiko dari setiap tahapan proses dalam suatu proses industry adalah spesifik. Tidak semua pekerja mampu mengenali bahaya dan risiko dari pekerjaan yang mereka lakukan. Mengetahui jenis bahaya dan tingkat risiko di lingkungan kerja adalah kunci pokok untuk dapat mengendalikan bahaya dan risiko tersebut agar tidak menjadi malapetaka atau kecelakaan yang tidak diinginkan. Berbagai teknik telah dikembangkan untuk mengidentifikasi bahaya dan kajian risiko sehingga dapat dikembangkan sistem atau program pengendalian bahaya dan risiko ditempat kerja.
 
Sasaran Training Identifikasi dan Pengendalian Bahaya & Risiko K3 :
  1. Peserta diharapkan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep manajemen bahaya dan risiko K3.
  2. Peserta mampu melakukan analisis bahaya dan penilain risiko ditempat kerja.
  3. Peserta mampu mengembangkan sistem pengendalian bahaya dan risiko di perusahaan.