innovation in harmony
Medical Check up Karyawan PT. Indo Acidatama Tbk

Dalam rangka pelaksanaan penerapan UU No. 23 tahun 1992 pasal 23 tentang Kesehatan Kerja dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara PT. INDO ACIDATAMA Tbk dengan Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum PT. INDO ACIDATAMA Tbk  (SP KEP PT. INDO ACIDATAMA Tbk)  pasal 42 tentang Pemeriksaan Kesehatan. Medical Check up (MCU)  merupakan pemeriksaan yang harus dilakukan secara berkalasehingga jika ada penyakit dalam tubuh bisa lebih cepat terdeteksi. Untuk menjaga keakuratan pemeriksaan dilakukan secara berkala, dan bekerja sama dengan Laboratorium Klinik   pada tanggal 20 s/d 24 Maret 2017 pukul 07.00 - 13.00 WIB bertempat di Poliklinik PT. INDO ACIDATAMA Tbk.

Medical Check Up ini meliputi pemeriksaan darah, Urine, EKG, rontgen, tinggi dan berat badan serta kesehatan secara umum. Berkaitan dengan pemeriksaan darah dan urine, para peserta MCU dianjurkan melaksanakan puasa kurang lebih 10-12 jam agar hasil yang didapatkan lebih optimal.

Perusahaan PT. INDO ACIDATAMA Tbk menerapkan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan pola pelayanan sebagai berikut :

1.     Pelayanan Promotif

  1. Pendidikan dan penyuluhan tentang kesehatan kerja
  2. Pemeliharaan berat badan ideal
  3. Perbaikan gizi, menu seimbang, dan pemilihan makanan yang sehat dan aman
  4. Pemeliharaan lingkungan kerja yang sehat
  5. Olahraga

2.     Pelayanan Preventif

  1. Pemeriksaan kesehatan awal berkala dan khusus
  2. Imunisasi
  3. Kesehatan lingkungan kerja
  4. Perlindungan diri terhadap bahaya-bahaya pekerjaan
  5. Penyerasian manusia dengan mesin alat kerja (ergonomi)
  6. Pengendalian bahaya lingkungan kerja

3.     Pelayanan Kuratif

  1. Pelayanan diberikan pada pekerja yang sudah mengalami gangguan kesehatan
  2. Pelayanan diberikan meliputi pengobatan terhadap penyakit umum maupun penyakit akibat kerja

4.     Pelayanan Rehabilitatif

  1. Latihan dan pendidikan pekerja untuk dapat menggunakan kemampuan yang masih ada secara maksimal
  2. Penempatan kembali pekerja yang cacat secara selektif sesuai kemampuannya

Adanya hubungan yang sangat kuat antara status kesehatan karyawan PT. INDO ACIDATAMA Tbk dengan produktivitas kerja, maka penting untuk dilakukan pemeriksaan / screening kesehatan secara berkala kepada seluruh karyawan. Karyawan adalah Sumber Daya utama dari Perusahaan manusia. Sebagaimana layaknya suatu aset, jika tanpa karyawan, sehebat apapun perusahaannya, tidak akan bisa berjalan baik. Tentunya agar karyawan dapat menjalankan fungsinya dengan optimal harus didukung dengan kondisi kesehatan yang baik pula. Ingat semboyan "Mens Sana In Corpore Sano yang artinya Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat".