innovation in harmony
Product & Process
PRODUK AGRO

BeKa merupakan produk bioteknologi yang berfungsi sebagai decomposer dan pembenah tanah.

BeKa sebagai decomposer berguna untuk mempercepat perombakan dan peruraian bahan organik dari tanaman dan hewan dalam pembuatan kompos, BeKa juga dapat diaplikasikan langsung dilahan (insitu) dengan menyemprotkan BeKa ke sisa jerami untuk merombak dan mengurai sisa bahan organik menjadi kompos.

Kompos yang dihasilkan dengan menggunakan BeKa adalah kompos yang berkualitas karena dapat berfungsi sebagai Penyubur Tanah yang mampu menetralkan pH serta meningkatkan nilai Kapasitas Tukar Kation (KTK) dan Water Holding Capacity (WHC) lahan. Selain itu kompos yang dihasilkan juga mengandung unsur karbon (C), unsur hara makro (N, P, dan K), unsur  hara mikro ( Ca, Mg, Si, Fe, Mn, Mo, B, Cl, Zn, dan Cu), asam humat dan asam fulfat dalam jumlah cukup sehingga mampu mengembalikan kesuburan alam.

BeKa mengandung konsorsium mikrobia-mikrobia yang dipilih secara khusus dan selektif dari mikrobia monokultur. Adapun kelebihan dengan menggunakan mikrobia monokultur adalah

  • Keunggulan dan manfaat masing-masing mikrobia sudah teruji.
  • Mikrobia yang tumbuh adalah mikrobia pilihan yang benar-benar diinokulasikan sehingga dapat bersinergi dan saling mendukung.
  • Hasil-hasil metabolisme mikrobia yang berupa asam-asam amino, zat pengatur tumbuh, antibiotic, enzyme dan vitamin lebih maksimal.
  • Setelah diaplikasikan jumlah dan aktivitas kerja mikrobia menjadi lebih dominan.
  • Aroma berbau harum khas fermentasi.
  • Aplikasi mudah hanya dicampur dengan air.

Fungsi dan jenis Mikrobia yang terdapat didalam  BeKa adalah :

  • Bacillus sp., Streptomyces sp dan Trichoderma sp., Berfungsi sebagai perombak dan pengurai bahan organik terutama selulosa dan lignin.
  • Bacillus sp. Dan Trichoderma sp. juga berfungsi menghasilkan Zat Pengatur Tumbuh dan Zat Anti Penyakit yang sangat bermanfaat bagi tanaman.

Dengan mikrobia-mikrobia unggul tersebut maka perombakan dan peruraian bahan organik berjalan dalam waktu singkat dan sekaligus dapat mengembalikan kesuburan lahan.

Bahan yang digunakan untuk memproduksi BeKa diproses dengan teknologi tinggi untuk menghasilkan media yang steril dari bakteri pathogen dan dengan pengaturan sedemikian rupa sehingga mikrobia dan kandungan-kandungan lainnya tetap terjamin kualitasnya sampai saat diaplikasikan.