innovation in harmony
Komite Audit
TATA KELOLA PERUSAHAAN

SUSUNAN KOMITE AUDIT

Berdasarkan keputusan Rapat Dewan Komisaris Perseroan tanggal 6 Juni 2014, telah terjadi perubahan susunan Anggota Komite Audit yang masa jabatannya terhitung mulai tanggal 6 Juni 2014 sampai lima tahun ke depan. Adapun susunan  dan  riwayat hidup singkat anggota Komite Audit PT Indo Acidatama Tbk adalah sebagai berikut :

Ketua       :      Stephanus Junianto

  • Master of Business Administration University of City of Manila
  • Komisaris PT Gloria Usaha Mulia
  • Komisaris Independen PT Indo Acidatama Tbk.

Anggota 1    :     Antonius Budidarmodjo

  • Sarjana Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang
  • Direktur Drs. A. Budidarmodjo &Asc – Tax & Management Consultant
  • Komisaris Independen PT Indo Acidatama Tbk.

Anggota 2    :     Bernard Edhi Hartono

  • Sarjana Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang
  • KAP Leonard, Mulia & Richard 

RAPAT KOMITE AUDIT

Selama tahun 2014 Komite Audit telah mengadakan beberapa kali rapat dengan jumlah kehadiran sebagai berikut :

 Nama

Jumlah Rapat

Kehadiran

Jabatan

 Stephanus Junianto

 

6

6

Ketua Komite Audit/ Komisaris Independen

 A. Budidarmodjo

6

5

Anggota Komite Audit / Komisaris Independen

 Bernard Edhi Hartono

6

5

Anggota Komite Audit

Berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Komite Audit, Komite Audit berpendapat bahwa Perseroan telah dikelola dengan tata kelola perusahaan yang baik dan Perseroan telah mematuhi peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal dan peraturan perundang-undangan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan Perseroan

PIAGAM KOMITE AUDIT 

Dalam menjalankan fungsinya, Komite Audit memiliki tugas, tanggung jawab dan kegiatan – kegiatan sebagai berikut:
  1. Melakukan penelaahan atas laporan keuangan tahunan auditan dengan manajemen dan auditor independen, termasuk pengungkapan perusahaan menurut analisa dan pembahasan manajemen atas posisi keuangan dan hasil usaha, hal - hal signifikan mengenai prinsip dan praktek akuntansi dan auditing, dan pengaruh peraturan dan kebijakan akuntansi terhadap laporan keuangan perusahaan.
  2. Melakukan penelaahan dengan auditor independen mengenai hasil dari audit tahunan dan pokok – pokok persoalan yang ditemukan auditor selama pelaksanaan tugasnya serta tanggapan manajemen.
  3. Melakukan penelaahan dan diskusi dengan manajemen mengenai laporan keuangan triwulanan perusahaan sebelum dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  4. Melakukan penelaahan atas hal - hal utama dan perubahan prinsip dan praktek akuntansi dan audit perusahaan yang disarankan oleh auditor independen, internal auditor atau manajemen, dan menganalisa hal – hal mengenai pelaporan keuangan yang signifikan pada masa yang akan datang, termasuk analisa pengaruh dari alternatif metode akuntansi terhadap laporan keuangan perusahaan.
  5. Mendiskusikan kebijakan – kebijakan berkenaan dengan penilaian risiko dan manajemen risiko, termasuk kebijakan – kebijakan dan pedoman – pedoman yang tepat untuk mengelola operasi dan juga pemahaman terhadap risiko usaha dan keuangan perusahaan yang utama serta langkah – langkah yang harus dilakukan manajemen untuk memonitor dan mengendalikannya.
  6. Melakukan penelaahan dengan auditor independen dan manajemen berkenaan dengan kecukupan dan efektivitas pengendalian internal perusahaan, termasuk defisiensi signifikan dalam pengendalian internal dan pelaporan perubahan pengendalian yang signifikan, serta tahapan audit khusus yang diambil sehubungan dengan adanya defisiensi material.
  7. Melakukan penelaahan dengan internal audit mengenai ruang lingkup dan hasil dari program internal audit termasuk pertanggungjawaban dan pengaturan staf.
  8. Melakukan penelaahan terhadap kinerja Komite Audit secara tahunan.
  9. Melaporkan aktivitas – aktivitasnya kepada Dewan Komisaris secara teratur, menyampaikan hal – hal yang bisa muncul yang berkenaan dengan kualitas atau integritas dari laporan keuangan perusahaan, kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku, kinerja dan independensi auditor independen perusahaan, atau kinerja fungsi internal audit.